Masakan Khas

10 Rekomendasi Makanan Khas Melayu Yang Asli Sedapnya

10 Rekomendasi Makanan Khas Melayu Yang Asli Sedapnya

10 Rekomendasi Makanan Khas Melayu Yang Asli Sedapnya

Indonesia terhitung negara yang tidak cuma kaya dapat wilayah wisata alamnya namun terhitung kaya dapat citarasa kuliner dari bervariasi daerah. Hal tersebut menyebabkan wisatawan mancanegara maupun domestik, seringkali berburu oleh-oleh makanan khas ketika berlibur ke daerah tertentu. Dari sekian banyak style makanan yang tersedia, makanan khas Melayu yang bisa dijumpai di daerah Riau maupun Sumatera terhitung alternatif makanan yang tidak boleh dilewatkan.
Pasang Bola
10 Makanan Khas Melayu

1. Bolu kemojo

Sekilas bolu ini tidak ada bedanya dengan bolu kukus yang dijual di kota lain. Hanya saja bolu ini jadi makin tenar ketika pemilik resep asli bolu kemojo ini mengakses gerai bolu kemojo di th. 2000. Bolu kemojo sendiri diakui lumayan khas gara-gara citarasa pandan yang lumayan kental dan kelembutan bolu yang dapat langsung merasa lumer di lidah.

2. Kue Asidah

Kue asidah diakui sebagai tidak benar satu kue yang menonjolkan citarasa masakan Melayu. Kue ini dibuat dari perpaduan cengkeh, kayu manis, dan daun pandan. Setelah dikukus lebih kurang 20 menit, hasil jadi kue dapat merasa lembut dan manis di mulut. Kue asidah umumnya di sediakan sebagai makanan pembuka dan tidak benar satu keunikan penyajiannya adalah di sediakan dengan dengan bawang goreng.

3. Kue Bangkit

Jika Anda menderngar nama kue ini, bisa saja yang terlintas di benak Anda adalah nama kue yang diidentikkan dengan nama pembuatnya. Pada kenyataannya, kue ini disebut sebagai kue bangkit gara-gara sehabis dikeluarkan dari oven, kue ini dapat punya ukuran dua kali lipat lebih besar dari adonan awalnya. Terbuat dari adonan telur, tepung terigu, dan mentega pilihan, kue bangkit ini cocok menemani acara kumpul keluarga maupun dijadikan oleh-oleh. Tampilan kue bangkit sendiri dirasa amat menggugah selera gara-gara kue yang berwarna putih seperti salju dihias noktah merah diatasnya. Ketika dikunyah, tekstur kue yang lembut dapat menjadikan Anda tidak perlu kala lama untuk menelannya.

4. Cencalok

Cencalok terhitung makanan khas asal Melayu yang memiliki kandungan protein amat tinggi. Cencalok terbuat dari bahan basic udang berukuran kecil yang difermentasi. Proses pembuatan cencalok sendiri memakan kala yang lumayan lama, pertama-tama udang dapat langsung dibersihkan cangkang dan diaduk dengan garam kasar. Campuran udang dan garam ini dimasukkan dalam wadah tembikar yang ditutup kain kasa tidak tipis selama 20-30 hari. Setelah selesai difermentasi, cencalok siap di sediakan dengan nasi hangat dan dicampur kedalam sambal bawang ataupun sambal matah.

5. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk diilhami dari cerita rakyat era dahulu yang berkembang dalam adat istiadat penduduk Melayu. Bahan utama dari es ini adalah buah kuni yang mulanya tidak amat banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar. Namun ketika ada seorang laksamana yang mengamuk dan menebas semua buah kuni yang ada di pepohonan mengfungsikan pedang, penduduk lebih kurang coba mengfungsikan buah kuni tersebut jadi hidangan yang layak untuk dimakan. Sampai kala ini, buah kuni di sediakan dengan dengan air santan dan gula merah untuk hidangan buka puasa.

6. Mie sagu

Mie sagu tergolong makanan khas Melayu dan yang membedakan olahan mie sagu ini dengan daerah lain adalah tambahan komponen ikan teri, daun kuncai, dan tauge didalamnya. Mie sagu ini terhitung oleh-oleh yang kerap dibawa wisatawan pulang ke daerah tinggal asal gara-gara citarasa gurih manis yang diberikan. Dari segi kesehatan, mie sagu ini diklaim amat cocok untuk pengobatan dan memenuhi nutrisi pasien penderita diabetes.

7. Air Mata Pengantin

Jika Anda mendengar air mata pengantin, Anda tidak kudu cemas dengan bahan yang ada didalamnya, gara-gara makanan yang satu ini tidak dibuat dari air mata seorang pengantin di malam pertamanya. Air mata pengantin merupakan es yang terbuat dari bervariasi agar warna-warni dilengkapi dengan nata de coco, blewah, dan biji selasih. Es ini merasa makin nikmat kala di sediakan di musim panas dengan dengan hidangan lain, seperti kue asidah.

8. Sup tunjang

Ketika Anda berkunjung ke kota Batam maupun Riau pasti adat Melayu dapat amat merasa dan disini Anda bisa nikmati tidak benar satu hidangan khas ketika musim dingin yakni sup Tunjang. Sup yang satu ini sekilas keluar seperti sop buntut, yang membedakan menu ini dengan sup buntut adalah komponen tambahan yang di sediakan dalam sup tidak cuman sumsum sapi. Sup tunjang dibuat dari bervariasi bahan rempah, seperti cengkeh, kayu manis, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Citarasa gurih manis yang diberikan sup ini bisa menunjang mengembalikan stamina Anda yang sudah alami penurunan sehabis seharian bekerja.

9. Roti jala

Roti jala adalah roti khas daerah Riau yang beri tambahan citarasa Melayu amat kental. Roti ini umumnya jadi hidangan pernikahan. Namun demikian, seiring perkembangan zaman, roti jala tidak cuma digunakan sebagai hidangan pernikahan namun terhitung hidangan keluarga yang menunjang menghangatkan kondisi kala anggota keluarga amat sulit berkumpul di hari biasa. Bahan basic roti jala sendiri berbentuk gandum yang saat ini ini kerap dikombinasikan dengan pewarna makanan mengingat warna basic utama roti jala umumnya adalah putih. Untuk penyajian, saat ini ini roti jala bisa di sediakan dengan saus durian, saus kari, maupun saus manis.

10. Ikan asap selais

Jika Anda berkunjung ke kota Riau yang amat kental dengan budaya Melayu, jangan lupa untuk mencicipi ikan asap selais. Di Jakarta, ikan style ini umumnya cuma digoreng atau dijadikan ikan asin. Namun demikian, di kawasan Riau yang masih kental dengan budaya Melayu, ikan ini diolah dengan bumbu gulai dan pindang. Keunikan ikan ini adalah tampilannya yang sudah seperti ikan asap, agar kala disajikan, rasanya dapat lebih nikmat jika disantap dengan sambal. Dari bervariasi style kuliner diatas, sebenarnya masih banyak kuliner lain yang bisa dinikmati ketika Anda berkunjung ke daerah yang masih kental dengan budaya Melayu, seperti bacah daging, gulai siput, mie lendir, mie tarempa, dan lopek bugi, Namun demikian, kala Anda mengidamkan mempunyai bervariasi makanan tersebut sebagai oleh-oleh di kampung halaman, dapat lebih baik terkecuali Anda menyimak lebih dari satu segi berikut.

a. Ketahanan makanan dicermati dari cara pengepakan produk

Hal pertama yang kudu dicermati adalah ketahanan makanan yang dapat Anda bawa pulang ke kampung halaman. Saat mengidamkan membeli oleh-oleh, pastikan Anda menanyakan ketahanan makanan agar makanan yang dibawa bisa dinikmati keluarga di kampung halaman dalam kondisi enak dan cocok citarasa aslinya.

b. Tempat membeli oleh-oleh

Jika Anda mengidamkan membeli makanan spesifik dengan citarasa Melayu sebagai oleh-oleh, tidak ada salahnya mengerti daerah membeli oleh-oleh terlebih dahulu. Dengan mengerti daerah membeli oleh-oleh tersebut, Anda bisa memperkirakan budget dana yang dibutuhkan untuk membeli oleh-oleh dan mutu barang yang dijual.

Kunjungi Juga : Kuliner Unik

c. Jenis oleh-oleh

Anda kudu mengerti bahwa kala ini lumayan banyak makanan khas Melayu yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman, namun sebelum membeli pastikan anggota keluarga Anda menyukai oleh-oleh tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *