Masakan Khas

Daftar Makanan Khas India Yang Rekomended dan Terkenal di Dunia

Daftar Makanan Khas India Yang Rekomended dan Terkenal di Dunia

Daftar Makanan Khas India Yang Rekomended dan Terkenal di Dunia

Makanan India sekarang ini turut booming di Tanah Air dikarenakan terbawa oleh drama-drama yang tayang di televisi kita. Meskipun bentuknya aneh, tapi ternyata kuliner berikut cocok dengan lidah orang Indonesia.
BandarBolalive
11 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia

Berikut ini sebagian makanan berasal dari negeri asal Taj Mahal yang recommended untuk Anda:

Biryani

Biryani merupakan hidangan berupa nasi yang dimasak dengan bumbu rempah khas India. Proses pembuatan kuliner ini sangat unik. Pertama, beras yang telah bersih direbus dalam panci, tanpa campuran bumbu. Jika telah 1/2 masak, baru ditambahkan kaldu berbumbu dan dibiarkan sampai kaldunya meresap. Setelah matang, siap disuguhkan dengan bahan pelengkap, yaitu sayuran dan daging.

Sebenarnya sajian yang bernama lain Beriani atau Biriani berikut tidak cuma ditemui di India, melainkan terhitung di kawasan Asia Selatan, seperti Nepal, Bangladesh, Pakistan dan Sri Lanka. Bahkan di Malaysia dan Indonesia, Biryani ada di restoran-restoran khas Timur Tengah.

Ayam Tandoori

Ayam Tandoori adalah tidak benar satu makanan khas India yang paling kondang di negara-negara lain. Ada filosofi di balik namanya yang unik. Hidangan ini melalui proses yang dinamakan tandoori, yaitu langkah memasak bahan makanan dengan membawa dampak bumbunya meresap sempurna, lantas dipanggang dalam oven bertemperatur tinggi atau mencapai 300o Celcius. Karena oven yang digunakan sangat panas, biasanya ayam tandoori ditusuk dengan besi panjang. Metode memasak seperti ini telah dikerjakan oleh negara lain untuk bahan utama tak hanya ayam.

Sajian berikut punyai rasa yang lezat dikarenakan manfaatkan bermacam bumbu dan rempah pilihan, seperti garam masala, garam bubuk, minyak mustard, bubuk cabai, bubuk jinten, bubuk ketumbar, yoghurt dan kasoori methi (bumbu khas India).

Rajma Masala

Bagi yang tengah diet, mampu coba makanan India bernama Rajma Masala ini. Biasanya, biasanya orang India mengonsumsi biji-bijian sebagai menu diet. Rajma Masala sendiri merujuk terhadap kacang merah. Hidangan berikut sering disantap dengan roti dan chapati. Tidak wajib ke India untuk mencicipinya, Anda mampu membawa dampak kuliner simpel ini di rumah. Cukup merebus bahan utama, yaitu kacang merah dan menumisnya dengan bumbu-bumbu yang terdiri atas jinten, garam masala, bubuk cabai dan kunyit.

Laddu

Laddu atau Laddoo ialah kue yang berupa menyerupai gulab jamun, yaitu bulat-bulat kecil. Makanan ini punyai cita rasa manis dikarenakan berbahan utama tepung dan gula. Tepung yang digunakan adalah tepung gandum kasar. Selain itu, tepung kacang panjang dan kelapa terhitung biasa dipilih sebagai bahan baku Laddu. Sebelum adonan dibentuk dan digoreng, biasanya diolesi ghee (mentega khas India) lebih-lebih dahulu.

Jajanan ini sering disuguhkan sebagai hidangan penutup di acara perayaan atau keagamaan, seperti Idul Fitri. Saking lezatnya, konon Bhima, tidak benar seorang tokoh dalam kisah Mahabharata begitu jatuh hati dengan makanan tersebut.

Kheer

Sama dengan Indonesia, makanan pokok penduduk India adalah beras. Di Tanah Hindustan berikut apalagi memadai banyak sajian yang berbahan utama beras, tidak benar satunya adalah Kheer. Dessert ini terbuat berasal dari campuran beras, tepung tapioka, tepung gandum, gula dan susu. Supaya aroma serta rasanya lebih sedap, adonan Kheer diberi rempah-rempah pilihan seperti kunyit dan kapulaga. Hidangan yang bermakna puding beras itu biasanya disantap sebagai pencuci mulut dengan topping kismis, almond dan kacang mete.

Pulao

Pulao merupakan kuliner khas Negara Bollywood yang sama dengan Biryani. Tapi, ada tiga perihal yang membedakan keduanya. Pertama, Briyani adalah santapan utama yang disediakan dengan banyak ragam lauk, tetapi Pulao justru jadi sajian pelengkap menu utama. Kedua, Nasi Biryani dan bahan pelengkapnya yang berupa daging serta sayuran dimasak secara terpisah, kala Pulao dicampur jadi satu. Ketiga, Biryani punyai cita rasa yang kuat dikarenakan bahan dan bumbunya lebih rumit dibandingkan Pulao.

Makanan yang bernama lain Pilaf ini biasanya disediakan dalam satu piring waji, di mana di dalamnya telah ada nasi dan daging yang bercampur dengan kuah.

Chole Bature

Chole adalah sejenis kacang yang bentuknya sangat menggoda dan mampu ditemui di Negara Barata dengan mudah. Sebelum diolah dengan bumbu yang dicampur dengan yoghurt, kacang ini wajib direndam sepanjang semalaman. Sedangkan Bhature merupakan roti gemuk yang dihasilkan berasal dari proses penggorengan. Ukuran Bhature memadai besar, tapi tidak ada isian apa pun di dalamnya. Jadi, Chole dan Bhature adalah hidangan yang saling melengkapi.

Rasa berasal dari Chole yang telah bercampur dengan saus kental dan dimasukkan ke dalam Bhature begitu renyah di mulut. Tidak sukar untuk mencarinya dikarenakan jajanan berikut banyak dijual di India.

Naan

Naan adalah panganan roti khas India yang terbuat berasal dari tepung ragi. Bahan berikut diolah dalam oven tradisional berasal dari tanah simak atau disebut terhitung dengan tandoor. Biasanya penduduk mengonsumsi Naan kala tengah suntuk menyantap makanan pokok. Supaya lebih nikmat, mereka mengimbuhkan lauk lain seperti palak paneer dan ayam tandoori. Ada sebagian variasi roti Naan, tidak benar satunya adalah Butter Naan. Bahan yang digunakan sama dengan Naan Original, tapi terhadap variasi ini ditambahkan mentega dalam jumlah banyak, agar rasanya lebih gurih dan crispy.

Chapati

Chapati adalah sejenis roti yang terbuat berasal dari gandum. Berbeda dengan Naan, adonan Chapati sengaja tidak dibuat mengembang. Lain pula dengan Paratha yang lebih tidak tipis dan mempunyai tekstur berlapis-lapis. Makanan ini pun tidak punyai rasa alias tawar dikarenakan sebetulnya diolah tanpa perisa. Jadi, roti berikut mampu dijadikan pendamping hidangan lainnya. Orang India biasanya menyantap Chapati dengan paner, lobak atau sayuran lain.

Pani Puri

Apabila tidak mendapatkan Chole Bature, biasanya penduduk India menentukan Pani Puri sebagai alternatif. Jajanan ini berupa bulat menyerupai bola tenis dan di dalamnya terdapat bermacam macam isian, terasa berasal dari kacang-kacangan, kentang rebus serta bumbu rempah sebagai pemerkuat rasa. Pani Puri sering disediakan dengan kuah yang terbuat berasal dari campuran cabai hijau, daun mint, jintan bubuk, daun ketumbar, jahe, gula pasir, air asam jawa, jeruk nipis dan garam. Cara menyantapnya memadai dengan mencelupkan Pani Puri ke dalam kuah berikut dan mengunyahnya perlahan untuk menciptakan rasa yang istimewa.

Halwa

Halwa adalah manisan yang sering dijadikan sebagai hidangan penutup bagi penduduk India. Makanan yang bernama lain Gajar Ka Halwa ini terbuat berasal dari wortel yang diserut lantas dijadikan puding. Camilan berikut berupa kotak dan di bagian atasnya terdapat topping almond atau kismis. Sajian bercita rasa manis ini mampu disantap dalam suasana hangat ataupun dingin. Anak-anak sangat menyukainya dikarenakan Halwa mengandung susu dan tinggi akan serat. Umumnya, Halwa disediakan terhadap Hari Raya Idul Fitri, lebih-lebih oleh penduduk India Utara.

Kunjungi Juga : Kuliner Unik

Kuliner berasal dari Negara Anak Benua sebetulnya unik, apalagi biasanya kenakan bahan berupa sayuran dan rempah-rempah yang kuat. Bisa dibayangkan bagaimana sedap dan lezatnya makanan India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *