Masakan Khas

Makanan Tradisional Indonesia yang Lezat dan Menggugah Selera, Wajib Dicoba

Makanan Tradisional Indonesia yang Lezat dan Menggugah Selera, Wajib Dicoba

Makanan Tradisional Indonesia yang Lezat dan Menggugah Selera, Wajib Dicoba

Setiap negara memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda-beda dengan karakteristik dan juga ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan jenis makanan di suatu negara, di mana setiap negara memiliki cita rasa khas tersendiri. Bahkan tak jarang beberapa makanan berikut sukses mendunia gara-gara memiliki cita rasa yang sedap dan lezat.
Pasang Bola
Di Indonesia sendiri, tidak cuman dikenal memiliki kekayaan ragam budaya, juga kerap disebut sebagai surganya kuliner. Berbagai macam makanan tradisional yang lezat tersedia di Negara Kepulauan ini. Oleh gara-gara itu, tak heran terkecuali beberapa makanan tradisional kondang sampai ke mancanegara gara-gara cita rasanya yang lezat dan menggugah selera.

Berbagai macam makanan tradisional sampai kini masih sanggup ditemui di sharing daerah di Indonesia. Lantas, apa saja makanan tradisional yang sampai kini masih senantiasa eksis? Simak ulasannya yang merdeka.com rangkum berasal dari Brilio.net berikut ini.

Rendang

Rendang merupakan keliru satu makanan terenak di dunia. Makanan tradisional yang berasal berasal dari tanah Minangkabau ini telah dinobatkan sebagai makanan terenak nomer satu di dunia versi CNN International mengalahkan sushi khas Jepang.

Rendang dihasilkan berasal dari sistem memasak dengan suhu rendah di dalam selagi yang lama. Bumbu utama yang digunakan di dalam memasak rendang di antaranya daging sapi, santan kelapa, cabai, dan rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini sukses masuk ke di dalam daftar makanan terenak di dunia.

Nasi Goreng

Tidak hanya rendang, makanan tradisional yang beberapa kali masuk daftar sebagai makanan terenak di dunia ialah nasi goreng. Makanan yang berbahan dasar nasi yang digoreng dengan tambahan berbagai bumbu ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Secara umum, nasi goreng kebanyakan dimasak dengan berbagai macam bumbu, layaknya bawang merah, bawang putih, kecap manis, asam jawa, dan bumbu lainnya. Namun, sejalan berjalannya waktu, nasi goreng tambah banyak varian rasa, di antaranya nasi goreng telur, ikan asin, ayam, dan lain sebagainya.

Di samping itu, nasi goreng juga kerap disebut sebagai makanan tradisional sejati Indonesia. Hal ini gara-gara nasi goreng dibikin dengan cara yang sederhana, agar sanggup dinikmati oleh seluruh kalangan. Nasi goreng kini juga banyak ditemukan di berbagai tempat, layaknya di tepi jalan, warung, sampai restoran.

Bakmi Jawa

Makanan tradisional yang menggugah selera seterusnya ialah Bakmi. Bakmi Jogja atau lebih dikenal bakmi Jawa merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas masakan Jawa.

Kuliner mi ini kebanyakan terbagi menjadi dua jenis, yaitu bakmi rebus dan bakmi goreng. Tekstur mi yang lembut dan gurih, menjadikan bakmi jawa sangat digemari oleh seluruh kalangan.

Bakmi Jawa kebanyakan membuka terhadap selagi malam hari. Meski begitu, beberapa warung bakmi jawa juga tersedia yang membuka di siang hari. Apabila datang ke Jogja, sebaiknya Anda coba kuliner mi ini.

Nasi Tiwul

Nasi tiwul merupakan keliru satu jenis makanan tradisional yang berasal berasal dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Makanan ini terbuat berasal dari tepung gaplek atau singkong kering yang telah lewat sistem penggilingan.

Pada zaman dahulu, nasi tiwul menjadi makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Seiring berjalannya waktu, kini nasi tiwul dibentuk menjadi berbagai macam varian. Biasanya nasi tiwul dicampur dengan parutan kelapa, agar membuahkan cita rasa gurih dan manis.

Nasi tiwul kini tersedia di dalam kemasan dan sanggup Anda temui di pusat oleh-oleh Yogyakarta. Selain memiliki cita rasa yang khas, harga nasi tiwul lumayan terjangkau. Kuliner Jogja satu ini perlu Anda cobalah misalnya datang ke Yogyakarta.

Gudeg

Salah satu makanan tradisional yang perlu dicoba seterusnya ialah Gudeg. Makanan ini merupakan keliru satu jenis kuliner tradisional berasal dari Yogyakarta yang lumayan kondang di Indonesia. Rasanya yang gurih dan manis menyebabkan makanan legendaris ini sangat digemari oleh seluruh kalangan. Selain memiliki cita rasa yang lezat, harga satu porsi Gudeg terbilang lumayan terjangkau.

Bahan dasar pembuatan gudeg terhadap kebanyakan memakai nangka muda. Meskipun begitu, kini banyak ditemukan gudeg dengan bahan dasar lain, layaknya manggar, jamur, sampai buah salak. Pada selagi penyajian, kebanyakan gudeg ditambah dengan nasi putih, telur, sampai daging ayam.

Seseorang yang datang ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya misalnya tidak belanja atau makan gudeg. Sehingga terkecuali Anda datang ke Kota Yogya, makanan satu ini perlu dicoba. Biasanya makanan legendaris ini banyak ditemui di daerah Wijilan, Yogyakarta.

Sego Pecel

Sego pecel atau nasi pecel merupakan makanan tradisional yang sampai kini masih senantiasa eksis. Makanan dengan bahan dasar dedaunan yang dicampur dengan urap sambal kacang ini, kebanyakan dihidangkan dengan aneka lauk pauk, layaknya telur ceplok, tempe, sate telur puyuh, memahami bacem sampai ayam goreng.

Rasanya yang gurih dan manis khas Jogja menjadikan sego pecel digemari oleh seluruh kalangan. Masakan khas Joga satu ini biasa ditemui di beberapa titik Jalan Malioboro dan Jalan Selokan Mataram Yogyakarta.

Tak hanya itu, Apabila nikmati sego pecel di Selokan Mataram, Anda juga bakal disuguhi musik-musik keroncong yang bakal tingkatkan kehangatan keadaan Kota Jogja.

Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo merupakan makanan tradisional yang memiliki kuah santan dengan cita rasa pedas. Bahan dasar pembuatan sayur lombok ijo yaitu cabai hijau, tempe kedelai, atau tahu. Rasanya yang gurih dan pedas, menjadikan sayur lombok ijo lumayan digemari seluruh susunan masyarakat.

Kuliner Jogja ini sanggup Anda temui di sepanjang Jalan Malioboro. Anda juga sanggup nikmati makanan tradisional ini di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan keliru satu masakan Jawa yang sangat kondang di masyarakat. Dengan bahan dasar berwujud nasi putih dan diolah pakai pewarna makanan kunyit, menjadikan nasi kuning memiliki cita rasa gurih dan digemari oleh seluruh kalangan.

Pada umumnya, nasi kuning dijadikan tumpeng terhadap acara-acara tertentu, layaknya kembali tahun, pernikahan, peresmian, dan lain sebagainya. Nasi kuning juga kerap dihidangkan dengan beberapa topping, layaknya tomat, tempe, telur, timun dan sambal. Beberapa topping berikut sangat cocok dikonsumsi dengan nasi kuning.

Tempe

Tempe merupakan makanan tradisional yang sangat kondang di Indonesia. Makanan dengan bahan dasar kedelai ini masuk ke di dalam daftar kuliner khas Indonesia yang mendunia. Banyak orang mancanegara yang jatuh hati terhadap kuliner yang memiliki cita rasa gurih ini.
Tempe sukses mendunia terhadap acara Jakarta Kuliner Fest yang diselenggarakan terhadap 2012 lalu. Di mana terhadap acara berikut banyak orang luar negeri yang mengakui kelezatan tempe. Salah satu Chef asal Korea, Eduard Quad adalah keliru satu berasal dari ribuan orang mancanegara yang mengakui kelezatan kuliner khas Indonesia ini.

Nasi Liwet

Salah satu makanan tradisional yang menggugah selara ialah nasi liwet. Dalam satu paket nasi liwet kebanyakan terdiri berasal dari beberapa bagian layaknya nasi gurih, sayur labu siam, telur rebus, sambal goreng ati, dan aneka lauk lainnya. Rasa gurih nasi liwet berasal berasal dari santan kelapa yang dimasak dengan beras, sedangkan aroma wanginya berasal dari daun pandan dan salam.

Kunjungi Juga : Kuliner Unik

Masyarakat Kota Solo dan sekitarnya kebanyakan mengkonsumsi nasi liwet setiap waktu, jadi berasal dari sarapan sampai makan malam. Selain itu, nasi liwet juga biasa dijajakan secara keliling maupun dijual di warung lesehen tepi jalan. Rasanya yang sedap dan gurih menjadikan kuliner ini sangat digemari oleh seluruh kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *